KEPARTAIAN

PARTAI BERKARYA

Partai Berkarya
PARTAI BERKARYA adalah sebuah partai politik yang merupakan fusi dari 2 (dua) buah partai politik Partai Beringin Karya (BERKARYA) & Partai Nasional Republik (NASREP). Didirikan pada tanggal 15 Juli 2016, dan mendapatkan legitimasi hukum dan sah sebagai partai politik di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2016 dengan dikeluarkannya SK Menkumham No. M.HH-21.AH.11.01 Tahun 2016. Partai Berkarya kini menjadi salah satu dari 73 (tujuh puluh tiga) partai politik berbadan hukum di Indonesia, dan siap mewarnai kancah perpolitikan negeri ini, bersama-sama membangun Indonesia menjadi Indonesia Raya.

Sebagai partai muda, PARTAI BERKARYA memiliki fokus kegiatan pengabdian dan perjuangan politik dalam beberapa topik yang menjadi isu nasional terkini. Ruang lingkup aktivitas PARTAI BERKARYA adalah nasional, 34 provinsi, 514 Kabupaten & Kotamadya, dan puluhan ribu Kecamatan, ratusan ribu kelurahan se-Indonesia hingga pembinaan ke tingkat Anak Ranting (RT/RW). 


Lambang Partai berbentuk rantai lingkaran berwarna orange yang ditopang pita warna orange dengan tulisan PARTAI BERKARYA berwarna hitam, di dalamnya terdapat gambar pohon beringin dengan komposisi warna hijau, hitam dan kuning.

Arti warna pada lambang
Lambang terdiri dari warna Hitam, Kuning, Hijau dan Orange.
  • Warna Hitam bermakna Keteguhan dan Ketegasan dalam melaksanakan Perjuangan.
  • Warna Kuning bermakna Energi, Kerjasama, Idealisme dan Kesejahteraan.
  • Warna Hijau bermakna Muda, Pertumbuhan, Pembaharuan, dan Persahabatan.
  • Warna Orange bermakna Kesungguhan Kerja Keras, Karya Nyata dalam mewujudkan Kebersamaan untuk mencapai Kejayaan Bangsa.
Arti simbol pada lambang
  • Pohon Beringin melambangkan tempat bernaung dan berhimpun berbagai suku, agama, golongan dan ras warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)bersatu untuk memperjuangkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945 sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Lingkaran rantai sejumlah 34 (tiga puluh empat) anak rantai tampak dari depan saling berkaitan dan berpasang-pasangan melambangkan persaudaraan, jumlah provinsi se-Indonesia pada saat partai ini didirikan (2016), simbol semangat dan harapan baru.
  • Tulisan PARTAI BERKARYA dalam dan di luar pita bermakna identitas diri partai yang mengutamakan kreatifitas dan kekaryaan.
  • Gambar lambang berbentuk lingkaran rantai yang ditopang pita bermakna jalinan kekeluargaan dan persaudaraan yang erat, mandiri, bersinergi membentuk dan mengembangkan partai, komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Arti lambang PARTAI BERKARYA secara keseluruhan adalah partai pengemban amanah rakyat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mengutamakan ketegasan, kekeluargaan,keterbukaan, kekaryaan dan persatuan untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan, sesuai dengan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945 berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
VISI PARTAI BERKARYA
Bersama-sama membangun negara Indonesia dengan berkarya.

MISI PARTAI BERKARYA
  • Meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan.
  • Memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat dalam setiap keputusan dan kebijakan politik dan pemerintahan.
  • Memperjuangkan ideologi partai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
RINGKASAN PIMPINAN DPP PARTAI BERKARYA PERIODE 2016-2021

MAJELIS TINGGI PARTAI Ketua : H. Hutomo Mandala Putra
DEWAN KEHORMATAN Ketua : Mayjen TNI (Purn) Muchdi Purwoprandjono.
DEWAN PERTIMBANGAN Ketua : Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno
DEWAN PENASEHAT Ketua : Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal
DEWAN PEMBINA Ketua : H. Hutomo Mandala Putra
DEWAN PAKAR  Ketua : Drs. K.H. M. Ghozi Wahib Wahab, MA.

DEWAN PENGURUS
  1. Ketua Umum : Neneng A. Tutty, SH.
  2. Wakil-Wakil Ketua Umum : Drs. Yockie M. Hutagalung, MM.; Bambang Ibnu Hartomo; Soni Puji Sasono, SH.; Tintin Hendrayani, SH, S.Sos,MH.; Muhammad Amin Luther; Dra.Ec.Hj.Ourida Seskania.
  3. Ketua Harian : H. Achmad Goesra, SH, MSi.
  4. Sekretaris Jenderal : Dr. H. Badaruddin Andi Picunang, ST, MM, M.AP, MT
  5. Bendahara Umum : Raden Mas Hendryanto
<menyusul>
Mari membangun Indonesia bersama!

Bergabunglah bersama Partai Berkarya.

Daftar

DEWAN PERWAKILAN WILAYAH