Berita

Bakti H.M Soeharto Tak Lekang Dimakan Waktu

Bakti H.M Soeharto Tak Lekang Dimakan Waktu

  • 3 months ago
  • Opini dan Motivasi

Hampir setiap hari makam Bapak Pembangunan ini tak pernah sepi dikunjungi para penziarah. Selain ke makam pemimpin yang sangat dekat dengan para pemimpin Asia lainnya seperti Mahathir Muhammad ini ,para penziarah juga tak lupa menyambangi makam Ibu Tien Soeharto yang posisinya berdekatan.

Menurut juru kunci makam Astana Giribangun, Sikirno, rata-rata setiap hari ada 300 penziarah. Namun, jumlah pengunjung akan membludak pada hari-hari tertentu. Seperti Tahun Baru Islam dan Menjelang Haul, hari lahir 8 Juni dan hari wafatnya Presiden RI ke 2, jumlah penziarah bisa mencapai 10 kali lipat.

Sukirno menambahkan, penziarah yang mengunjungi makam Soeharto terdiri dari berbagai kalangan dengan beragam pemeluk agama. Kehadiran para penziarah ini merupakan bentuk penghormatan dengan mendoakan mendiang H.M. Soeharto yang dicintai.

Tak sedikit rombongan Ibu-ibu pengajian yang sengaja berziarah ke makam H.M. Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Kerinduan masyarakat luas akan biaya hidup murah di zaman Soeharto terekam dalam banyak ruang, seperti banyak kaos yang bertuliskan ‘Piye Kabere, enak jamanku to?’. 

Meskipun telah tiada, karismanya tetap menyala, senyum dan kepeduliannya masih terngiang hingga sekarang, dan masyarakat masih sangat merindukan zaman kepemimpinan pemimin khasrismatik yang penuh dengan senyuman, H.M. Soeharto.

     

Komentar

blog comments powered by Disqus