Berita

Dinilai Memiliki Sikap Kesetiaan, HMP Diberi Gelar Sri Paduka Sultan Surya Buwana oleh Kasultanan Demak

Dinilai Memiliki Sikap Kesetiaan, HMP Diberi Gelar Sri Paduka Sultan Surya Buwana oleh Kasultanan Demak

  • 9 days ago
  • Isu Daerah

Setelah sekitar sepuluh yang lalu dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara, kali ini Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya resmi dinobatkan sebagai Sultan Sepuh di Kasultanan Demak Bintoro Glagah Wangi dan mendapat gelar Sri Paduka Sultan Surya Buwana Hutomo Mandala Putra. Pemberian gelar untuk HMP ini diberikan karena HMP dinilai memiliki sikap kesetiaan kepada Sinuhun dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat selama ini.

Sementara itu, seperti yang dilansir dalam indonesia inside surat kekancingan atau surat penetapan gelar tersebut ditandatangani oleh Menteri Darjah (Menteri Gelar) dan Pendaftar Darjah Kraton Glagah Wangi. Dimana dalam surat berkop  ‘Karaton Glagah Wangi Dhimak’, itu disebutkan “ Beta Duli Yang Maha Mulia Sri Sultan Suryo Alam Joyokusumo, Sultan Yang Dipertua Negeri Demak Bintoro serta Daerah Taklukkannya, dengan suka cita mengaruniakan Bintang Darjah Sri Sultan Suryo Alam Joyokusumo, Yang Amat Mulia dengan membawa gelaran Sultan kepada Sri Paduka Sultan Suryo Buwana Hutomo Mandala Putra."

Dalam kesempatan tersebut, gelar yang diberikan kepada HMP ditetapkan secara langsung oleh Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat, SISKS Pakoe Buwono XIII. Dimana dalam surat penetapan berbahasa Jawa itu disebutkan bahwa Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pakoe Buwono XIII di Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memberikan restu kepada HMP untuk menyandang gelar Sultan Sepuh di Kasultanan Glagah Wangi. Hal tersebut diputuskan setelah melihat tekad kuat dan kesetiaan Panembahan Senapati Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto kepada Sinuhun dan Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Seperti apa yang diungkapkan oleh Lasiono, Ketua Laskar Berkarya Jawa Timur yang mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dan meyakini bahwa penobatan ini merupakan wujud kepercayaan kasultanan Demak terhadap HMP. Seiring dengan hal tersebut, Lasiono juga yakin kepercayaan masyarakat akan semakin tumbuh.

“Kami sangat bangga dan yakin penobatan ini merupakan wujud kepercayaan kasultanan Demak terhadap beliau (Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto). Dan kami yakin kepercayaan masyarakat semakin tumbuh,” ungkap Lasiono.

Tak hanya itu, Lasiono juga menambahkan bahwa penobatan ini menjadi semangat bagi Laskar Berkarya untuk terus berjuang di tengah masyarakat. Terlebih HMP juga merupakan Ketua Dewan Pembina Laskar Berkarya yang telah menunjukkan perjuangannya bagi masyarakat. Salah satunya ialah berjuang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan membenahi infrastruktur.

“Tekat kami untuk berjuang meningkatkan ekonomi masyarakat semakin besar seperti intruksi pusat. Namun kami harus membenahi infrastruktur terlebih dulu,” tambah Lasiono.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus