Berita

 Hari Keempat Sidang Pendahuluan PHPU Pileg 2019, KPU Hadapi 59 Perkara Dari Sembilan Provinsi

Hari Keempat Sidang Pendahuluan PHPU Pileg 2019, KPU Hadapi 59 Perkara Dari Sembilan Provinsi

  • 1 month ago
  • Isu Nasional

Memasuki hari keempat sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019, Jumat 12 Juli 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi 59 perkara PHPU Pileg 2019 dalam sidang pendahuluan di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut komisioner KPU Hasyim Asy'ari, dari keseluruhan jumlah sidang perkara PHPU Pileg tersebar di sembilan provinsi.

"Hari ini KPU menghadapi sidang pendahuluan PHPU legislatif untuk pemeriksaan (sengketa) 9 provinsi, 53 partai, 4 perorangan, dan 1 DPD sehingga total KPU menghadapi 59 perkara dalam sidang pemeriksaan pendahuluan hari keempat," ungkap Hasyim Asy'ari.

Lebih lanjut Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa sejumlah perkara ini akan disidangkan dalam tiga panel hakim MK. Agenda pada sidang Jumat hari ini masih mengagendakan pembacaan pokok permohonan pemohon. Panel I terdiri dari hakim Anwar Usman, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat akan memeriksa 17 perkara dari tiga provinsi, yakni Jambi, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Riau.

"Panel I akan memeriksa 17 perkara dari Jambi, Kepulauan Bangka Belitung dan Riau.  Jambi ada 7 permohonan dari parpol Bangka Belitung ada 4 permohonan parpol dan Riau ada enam permohonan parpol," ujar Hasyim Asy'ari.

Untuk Panel II terdiri dari hakim Aswanto, Saldi Isra dan Manahan Sitompul yang akan memeriksa 23 perkara dari empat provinsi, yakni Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu dan Riau.

"Dari Sumatera Selatan ada 12 pemohon parpol, dari Kalimantan Tengah ada empat permohonan parpol dan 2 permohonan perorangan, Bengkulu ada 3 permohonan parpol dan satu permohonan perorangan serta Riau ada 1 permohonan dari parpol," terang Hasyim Asy'ari.

Sedangkan untuk panel III terdiri dari hakim I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, dan Wahiduddin Adam yang akan memeriksa 19 perkara dari Provinsi Kalimantan Barat, NTB dan Kalimantan Selatan.

"Panel tiga akan menangani 19 perkara dari tiga provinsi. Perkara dari Provinsi Kalbar ada tujuh pemohon partai, dari NTB ada sembilan pemohon meliputi tujuh pemohon partai, satu perorangan, dan satu DPD serta dari Kalsel ada tiga pemohon partai," jelas Hasyim Asy'ari.

Sesuai rencana MK akan menggelar  sidang pendahuluan PHPU Pileg 2019 selama empat hari , yang terhitung mulai 9 Juli 2019 hingga 12 Juli 2019. Lalu, MK akan menggelar sidang pemeriksaan pada 15 Juli hingga 30 Juli 2019. Sedangkan untuk pengucapan putusan akan dilakukan pada 6 Agustus sampai 9 Agustus 2019.

 

 

Sumber : beritasatu.com dengan beberapa penyesuaian.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus