Berita

Hasil Akhir PHPU Pileg 2019, MK Hanya Kabulkan 12 Gugatan

Hasil Akhir PHPU Pileg 2019, MK Hanya Kabulkan 12 Gugatan

  • 2 months ago
  • Isu Nasional

Menyikapi hasil akhir perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Pemilu Legislatif (PHPU Pileg 2019), Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus 205 perkara terkait gugatan PHPU Legislatif 2019. Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menyatakan bahwa mayoritas putusan sengketa Pileg 2019 ditolak dan tidak diterima oleh MK.

"Sampai dengan 8 Agustus pukul 23.45 WIB, ada 65 perkara yang ditolak, ada 90 perkara yang tidak dapat diterima, perkara yang gugur ada 31 perkara, perkara yang ditarik kembali ada 10 perkara dan dikabulkan seluruhnya atau sebagian hanya 9 perkara," ungkap Hasyim Asy'ari yang dikutip dari jawapos.com.

Namun jumlah tersebut berubah, karena pada hari terakhir pembacaan hasil akhir putusan sengketa PHPU Pileg 2019  jumlahnya menjadi 12 perkara yang dikabulkan dari total 260 perkara gugatan yang diajukan ke MK. Terdapat 106 perkara ditolak, 99 tidak dapat diterima, dan 10 perkara ditarik kembali oleh pemohon.

Sementara itu, Komisioner KPU lainnya Viryan Aziz menyampaikan bahwa pihaknya segera mengeksekusi putusan MK yang mengabulkan beberapa permohonan sengketa PHPU Pileg 2019. Termasuk putusan MK untuk perhitungan surat suara ulang (PSSU) yang akan segera dilakukan. Karena setelah putusan pihak KPU langsung berkoordinasi dengan KPUD Jawa Timur.

"Terhadap putusan MK untuk perhitungan surat suara ulang (PSSU) akan kami lakukan segera. Setelah putusan tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan KPUD Jawa Timur, dan hari ini juga akan dibahas kembali," terang Viryan.

Seperti diketahui, dalam putusannya MK memerintahkan KPU untuk melakukan perhitungan suara ulang Pileg di tiga TPS yang ada di Surabaya, Jatim. Dirinya memastikan bahwa KPU akan menjalankan seluruh bunyi putusan MK yang bersifat final dan mengikat tersebut.

Lebih lanjut pihak KPU juga akan melakukan supervisi dan pengawasan langsung kepada KPUD yang menjalankan putusan MK. Mengenai hasilnya, akan dilaporkan segera setelah perhitungan surat suara ulang terlaksana.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus