Berita

HMP Dikukuhkan Sebagai Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara

HMP Dikukuhkan Sebagai Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara

  • 5 months ago
  • Kesejahteraan Rakyat

Tidaklah salah, Parade Nusantara atau Persatuan Rakyat Desa Nusantar mengukuhkan H. Hutomo Mandala Putra, SH sebagai Ketua Dewan Pembina dalam organisasi yang mayoritas diisi pamong desa tersebut. Sebagai salah satu tokoh bangsa yang juga putra dari HM. Soeharto memiliki visi dan misi yang mampu membangkitkan perekonomian rakyat melalui opitmalisasi potensi pedesaan di seluruh Indonesia.

Hal ini terlihat dalam pernyataan dari sosok pemimpin yang akrab dengan panggilan HMP dalam prosesi pengukuhannya yang berlangsung kemarin, Jumat (1/3/2019) di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

HMP  menyoroti permasalahan kucuran dana desa yang hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur di pedesaa dan belum mampu menjadi salah satu indikator peningkatan ekonomi desa secara luas, adil dan merata.

“Namun sangat disayangkan bahwa dana tersebut hanya diarahkannya untuk infrastruktur. Ini tentunya apakah masyarakat akan makan batu, makan aspal, tentu tidak," terangnya dalam acara Rakorna Parade Nusantara yang dihadiri oleh ribuan peserta dari desa di seluruh Indonesia ini

Selain permasalahan dana desa, Ketua Umum Partai Berkarya ini juga menyoroti pertanian Indonesia, terutama mengenai pola tanam yang harus didorong lebih intensif akan berpengaruh terhadap produktifitas hasil pertanian hingga mencapai tujuh sampai delapan ton per hektar disertai penggunaan pupuk lebih hemat dan keuntungan lebih besar.

"Pilot project sedang kami jalankan di Purwokerto. Dalam dua sampai tiga minggu ke depan kami akan panen. Ke depan tentu akan kami kembangkan ke daerah lain," katanya.

Selain pertanian, pihaknya juga tengah mengembangkan sektor peternakan. Menurut dia, untuk sektor peternakan ini akan difokuskan di domba, kambing, dan sapi.

"Dengan teknologi tepat guna dan pakan mencukupi, kami targetkan kenaikan bobot sapi 1 kg/hari," katanya.

Ia mengatakan ke depan petani juga akan diarahkan untuk bisa menjadi peternak. Dengan demikian, para petani bisa memanfaatkan jerami hasil panen.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus