Berita

Karya Seni Lukisan Batu Akik Bergambar Wajah Presiden RI Ke-2 HM. Soeharto Masuk Rekor MURI

Karya Seni Lukisan Batu Akik Bergambar Wajah Presiden RI Ke-2 HM. Soeharto Masuk Rekor MURI

  • 1 month ago
  • Opini dan Motivasi

Belum lama ini lukisan batu akik bergambar wajar Presiden RI ke-2 HM. Soeharto berhasil meraih rekor MURI sebagai karya seni pertama di Indonesia dan dunia yang menggunakan batu akik. Seperti diketahui, lebih dari dua ton bongkahan batu akik dari berbagai daerah di Indonesia dikumpulkan, dipilah, pilih dan kemudian diambil bagian terbaiknya. Kemudian semuanya dipadukan dalam sebuah karya seni baru. Dilansir dari akun resmi Partai Berkarya @berkaryaofc, karya seni tersebut diberi judul Lukisan Batu Akik Bergambar Wajah Presiden RI ke-2 HM. Soeharto.

Lebih lanjut, karya seni tersebut juga tengah didaftarkan untuk masuk rekor dunia. Pemilihan batu akik sebagai bahan dasar lukisan tersebut bukan tanpa alasan, namun mengandung filosofi yang sarat makna. Karya seni tersebut melambangkan harmoni dalam keberagaman, kekuatan, ketahanan serta keindahan yang tak akan pudar, luntur oleh cuaca dan waktu.

Dipilihnya batu akik sebagai bahan dasar karena mencerminkan kekuatan dan ketahanan dalam panjangnya perjalanan waktu, kokoh dan kemampuan tegak di berbagai kondisi dan keadaan. Warna batu akik tersusun dari mineral yang terkandung di dalamnya mencerminkan keaslian tanpa rekayasa pencitraan serta kemurnian apa adanya.

Selain itu keanekaragaman corak dan warna batu akik terdiri dari berbagai tingkatan corak, sederhana, rumit dan tingkatan warna gelap-terang, pudar-tajam, transparan, solid, mencerminkan kelas sosial, tingkat usia dan pemahaman, sifat dan ciri khas kedaerahan yang mewakili keberagaman suku, agama, ras, dan golongan rakyat.

Dalam penyerahan catatan Rekor MURI untuk karya seni Lukisan Batu Akik Bergambar Wajah Presiden RI ke-2 HM. Soeharto tersebut diwakili langsung oleh sang putra mendiang HM. Soeharto., yakni Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto yang juga merupakan Ketua Umum Partai Berkarya.


Sumber : @berkaryaofc

         

Komentar

blog comments powered by Disqus