Berita

Ketua Dewan Adat Suku Sentani: HMP Sebagai Pendatang Pertama Menanam Sagu Di Sentani

Ketua Dewan Adat Suku Sentani: HMP Sebagai Pendatang Pertama Menanam Sagu Di Sentani

  • 6 months ago
  • Kesejahteraan Rakyat

Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya mengunjungi Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 11 Desember 2018. Dalam kunjungannya kali ini, HMP berkesempatan untuk turut serta melakukan proses penanaman sagu, bahkan HMP memberi pernyataan bahwa penanaman ini tak akan berhenti hanya sampai di sini, tetapi akan terus berlanjut.

Menurut Ketua Dewan Adat Suku Sentani, Demas Tokoro mengatakan bahwa dalam sejarah di Sentani belum ada seorang pendatang seperti HMP yang melakukan penanaman sagu, dan ini baru pertama kali dilakukan di Sentani, kabupaten Jayapura. Demas menambahkan, di kemudian hari sagu itu akan menjadi makanan khas orang Papua dan masyarakat akan hidup dengan sagu.

"Sebuah simbol yang kemudian akan dikembangkan lagi dari tempat yang ditanam satu pohon sagu itu akan menjadi hutan sagu. Itu hal yang luar biasa dan sangat membantu kita. Apalagi Bapak Tommy Soeharto sudah memberikan pernyataan bahwa bukan hari ini saja kita tanam satu pohon sagu, tetapi akan kita tanam pohon sagu seluas mungkin. Karena bukan generasi sekarang ini saja, tetapi generasi turun temurun (yang akan datang) itu akan hidup dengan sagu," ujar Demas.

Selain itu, Demas juga berharap kepada HMP apabila ia terpilih menjadi anggota DPR RI, kelak HMP bisa memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Papua. Sebab, saat ini masih banyak anak-anak Papua yang menganggur setelah kuliah selesai.

Sementara itu, seusai acara HMP berbicara kepada rekan media bahwa ia berencana untuk memberikan percontohan bagaimana bertani yang baik, mengolah sagu yang baik, serta beternak yang baik. Dengan begitu, HMP berharap di masa yang akan datang Papua, khususnya Sentani dapat menjadi daerah yang sejahtera.

"Semoga ini akan memberikan nilai tambah kepada masyarakat Papua, khususnya di Distrik Sentani, untuk memberikan percontohan bagaimana bertani yang baik, bagaimana mengolah sagu yang baik dan juga bagaimana cara beternak yang baik. Sehingga di kemudian hari bisa menjadi percontohan bagaimana kesejahteraan itu bisa diwujudkan di Sentani khususnya dan di Papua pada umumnya,"ungkap HMP.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus