Berita

Klompencapir : Program Sukses HM. Soeharto Untuk Para Petani Di Desa

Klompencapir : Program Sukses HM. Soeharto Untuk Para Petani Di Desa

  • 11 days ago
  • Kesejahteraan Rakyat

Dari sekian banyak program semasa pemerintahan HM. Soeharto, salah satu yang masih tertanam dalam ingatan masyarakat Indonesia adalah program Kelompok Pendengar Pembaca Pemirsa atau yang lebih populer dengan istilah Klompencapir. Program ini merupakan kegiatan pertemuan atau forum sekaligus media pembelajaran bagi petani, peternak maupun nelayan di Indonesia.

Selain sebagai media pembelajaran, klompencapir juga akan menampilkan tayangan petani-petani berprestasi dari berbagai daerah. Acara dikemas seperti cerdas cermat. Para petani diadu kepintarannya dan pengetahuannya seputar pertanian, antara lain soal cara bertanam yang baik dan pengetahuan tentang pupuk. Dalam tayangan tersebut juga diperagakan cara bertanam yang benar, lucu dan informatif. Tayangan tersebut cukup menghibur, di tengah minimnya berita hiburan saat itu.

Program yang disiarkan melalui televisi nasional saat itu juga menjadi sumber inspirasi sekaligus motivasi bagi para petani. Tak hanya itu, klompencapir juga dinilai sangat efektif untuk memudahkan dalam penyampaian program-program pemerintah di bidang pertanian kepada masyarakat. Dengan begitu, membuat petani menjadi lebih giat dalam bertani.

Tampaknya keberhasilan Klompencapir saat itu membuat salah satu mantan Menteri Komunikasi pada era pemerintahan Presiden SBY, Sofyan Djalil meliriknya. Menurut penuturannya, Sofyan berniat menghidupkan kembali Klompencapir lewat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Melalui KIM ini, Sofyan berharap masyarakat aktif dalam mencari dan mengolah informasi untuk kepentingan mereka sendiri. Sebab, ia beranggapan program yang diterapkan pada masa orba tersebut terbukti manjur.  Karena pada masa itu Indonesia sempat mencapai swasembada pangan dan mendapatkan penghargaan dari FAO tahun 1984.

Sumber : beberapa sumber (dengan beberapa penyesuaian)

     

Komentar

blog comments powered by Disqus