Berita

KPU Hitung Perolehan Kursi Parpol dengan Metode Sainte Lague

KPU Hitung Perolehan Kursi Parpol dengan Metode Sainte Lague

  • 2 months ago
  • Isu Nasional

Usai pembacaan hasil akhir gugatan perselisihan hasil pemilihan umum pemilu legislatif (PHPU Pileg 2019) yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera menetapkan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih DPR RI dan perolehan kursi parpol peserta pemilu. Seperti diketahui, penetapan ini digelar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menerima seluruh permohonan sengketa hasil pemilu (PHPU) Legislatif DPR RI. Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Viryan mengatakan bahwa penetapan tersebut akan dilaksanakan pekan depan.

"Ya benar (ditetapkan pekan depan)," kata Viryan yang dilansir dalam republika.co.id.

Lebih lanjut, Viryan juga membenarkan bahwa tidak ada perubahan hasil rekapitulasi perolehan suara Caleg DPR RI maupun perolehan suara Parpol. Karena MK telah memutuskan menolak hampir semua gugatan PHPU Legislatif DPR RI.
Disamping itu, Komisioner KPU lainnya Evi Novida Ginting Manik juga mengungkapkan hal yang sama bahwa penetapan Caleg DPR RI terpilih dan perolehan kursi parpol di Parlemen akan digelar pekan depan.

"Betul pekan depan," ungkap Evi.

Tak hanya itu, dirinya juga menyebutkan bahwa KPU memiliki waktu selama lima hari untuk menindaklanjuti putusan MK soal sengketa PHPU Legislatif. Menurutnya ada kemungkinan penetapan Caleg dan perolehan kursi parpol akan digelar pada 13 Agustus atau setelahnya. Karena saat ini pihak KPU masih menunggu MK untuk mengatakan putusannya. Apabila tidak ada yang berubah dalam hasil perolehan suara parpol, maka pihak KPU dapat langsung melalukan penetapan kursi dan caleg terpilih.

"Nanti begitu MK katakan putusannya, dan tidak ada yang berubah dalam hasil perolehan suara parpol,  maka bisa langsung penetapan kursi dan caleg terpilih," tambahnya.  

Seperti diketahui penetapan tersebut akan dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka dengan dua agenda, yakni penetapan perolehan kursi parpol peserta Pemilu 2019 dan penetapan Caleg DPR RI terpilih.

Dalam menghitung perolehan kursi parpol, pihak KPU menggunakan metode Sainte Lague yang telah diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Metode Sainte Lague ini berbeda dengan konversi perhitungan suara dalam Pemilu sebelumnya yang menggunakan metode Kuota Hare atau Bilangan Pembagi Pemilih (BPP). Dengan metode Sainte Lague, perlu diketahui lebih dahulu berapa alokasi kursi di tiap daerah pemilihan dan berapa jumlah suara sah yang didapatkan oleh setiap Parpol.

 

Sumber : republika.co.id dengan beberapa penyesuaian

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus