Berita

KPU Kaltim Tunda Penetapan Caleg Terpilih Anggota DPRD Provinsi Kaltim Pemilu 2019

KPU Kaltim Tunda Penetapan Caleg Terpilih Anggota DPRD Provinsi Kaltim Pemilu 2019

  • 26 days ago
  • Isu Daerah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menunda pelaksanaan rapat pleno penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Kaltim dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang sebelumnya telah dijadwalkan pada Senin, 22 Juli 2019 kemarin.

Dilansir dalam antaranews.com adanya penundaan tersebut dikarenakan pihak KPU Kaltim masih menunggi keputusan Mahkamah Konstitusi. Hal tersebut diungkapkan oleh Rudiansyah, pihak KPU yang mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi untuk DPR RI.

"Secara substansi tidak ada pengaruhnya terhadap pleno, karena yang menjadi fokus gugatan ini bukan di DPRD Provinsinya tapi di DPR RI-nya," ungkap Rudiansyah.

Lebih lanjut Rudi mengatakan bahwa penundaan pleno tersebut sesuai dengan arahan KPU Pusat, mengingat pada nomenklatur putusan KPUD Provinsi Kaltim nanti juga akan membuat putusan MK. Namun, KPU Kaltim akan tetap menggelar rapat pleno terbuka, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Kaltim Pemilu tahun 2019 pada Senin, 22 Juli 2019.

Dalam rapat pleno tersebut dihadiri oleh sejumlah utusan partai politik peserta Pemilu, Bawaslu Kaltim, Kesbangpol, Biro Pemerintahan Pemprov Kaltim, Ketua KPU Samarinda dan aparat kepolisian untuk menjaga pelaksanaan acara.

 

 

Sumber : antaranews.com dengan beberapa penyesuaian

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus