Berita

KPU Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih DPR RI Pada Akhir Agustus

KPU Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih DPR RI Pada Akhir Agustus

  • 7 months ago
  • Isu Nasional

Setelah Mahkamah Konstitusi atau MK membacakan hasil putusan akhir sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan akan segera melalukan penetapan perolehan kursi dan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terpilih pada akhir Agustus 2019. Menurut Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu hasil tindak lanjut PHPU Pileg dari daerah. Ia menambahkan, setelah KPU daerah melaporkan ke pihaknya,  data tersebut kemudian di cek apakah telah dilaksanakan sesuai perintah MK, setelah itu baru diambil putusan. Terakhir dijadwalkan untuk direkap.

"Iya (penetapan caleg DPR RI), target kita pokoknya bulan (Agustus) ini selesai. Kan tahapannya itu tadi. Kita tunggu mereka semua melaporkan kepada kita, lalu kita cek apakah semua sudah dilaksanakan sesuai perintah putusan MK, baru kemudian kita ambil putusan, kita jadwalkan kapan kita lakukan rekap," ungkap Arief Budiman seperti dikutip dari detik.com.

Lebih lanjut Arief menyebutkan saat ini untuk pelaksanaan putusan MK yang dilakukan oleh KPU yakni Perhitungan Surat Suara Ulang (PSSU) yang tinggal beberapa wilayah, seperti di Bekasi dan Pegunungan Arfak dan Aceh. Ia pun menargetkan bahwa PSSU tersebut akan segera dirampungkan. Karena yang diselesaikan saat ini juga sedang dalam proses. Arief berharap semua proses PSSU dapat selesai sesuai target.

"PSSU sebagian besar sudah diselesaikan, sekarang yang masih on going process itu di Bekasi, kemudian di pegunungan Arfak, kemudian ada satu di Aceh serta Pekanbaru yang juga sedang proses. Selebihnya sudah diselesaikan," kata Arief Budiman.

Setelah proses PSSU selesai, Arief menuturkan akan segera menjadwalkan rekap suara nasional. Arief menargetkan proses rekap nasional akan selesai sebelum akhir bulan sembari menunggu KPU daerah melaporkan data ke KPU RI.

"Kemudian mereka melaporkan kepada KPU dan setelah semua dilaporkan KPU akan cek apakah semua sesuai dengan putusan MK pelaksanaannya, baru kemudian KPU akan menjadwalkan untuk rekap nasional. Target kita mudah-mudahan bulan ini bisa diselesaikan semua," tutur Arief.

 

 

Sumber : detik.com dengan beberapa penyesuaian

 

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus