Berita

 Memasuki Sidang Kelima PHPU Pemilu 2019 Penjagaan Sekitar MK Masih Ketat

Memasuki Sidang Kelima PHPU Pemilu 2019 Penjagaan Sekitar MK Masih Ketat

  • 11 months ago
  • Isu Nasional

Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi telah memasuki sidang kelima. Sidang yang digelar hari ini, Jumat (21/6) masih berlangsung kondusif.  Berdasarkan pantauan penjagaan di sekitar gedung MK masih sama ketatnya. Ratusan aparat keamanan masih siaga di pelataran gedung MK. Mereka juga masih memasang kawat berduri dan memakan sebagian Jalan Medan Merdeka barat di depan gedung MK. Pada siang hari menjelang waktu pelaksanaan salat Jumat, terlihat beberapa orang dari dalam gedung MK mulai keluar untuk melaksanakan salat Jumat. Begitu pun dengan beberapa aparat yang mulai menyebar ke beberapa masjid di sekitar wilayah tersebut.

Dalam sidang kelima hari ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari pihak terkait. Selain mendengarkan keterangan saksi dan ahli, sidang kelima ini juga beragendakan pengesahan alat bukti tambahan dari pihak terbaik dan Bawaslu. Sidang tersebut  dimulai pukul 09.00 WIB ini dengan Nomor Perkara 01/PHPU-PRES/XVII/2019.

Selain mendengar keterangan saksi dan ahli, nantinya juga akan ada pemeriksaan perkara. Mengutip dari tribunnews.com, pemeriksaan perkara merupakan tahapan persidangan yang dilakukan oleh Panel Hakim maupun Pleno Hakim untuk memeriksa pokok perkara.

Dimana agenda sidang pemeriksaan perkara terdiri dari pemeriksaan pokok permohonan, pemeriksaan alat bukti tertulis, mendengarkan keterangan para pihak, mendengarkan keterangan Saksi, mendengarkan keterangan Ahli, mendengarkan keterangan Pihak Terkait, serta pemeriksaan rangkaian data, keterangan, perbuatan dan/atau peristiwa yan sesuai dengan alat bukti lain yang dapat dijadikan petunjuk dan memeriksa alat bukti elektronik.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus