Berita

MK Targetkan Seluruh Sidang Sengketa PHPU Pileg 2019 Selesai Dalam Waktu Satu Bulan

MK Targetkan Seluruh Sidang Sengketa PHPU Pileg 2019 Selesai Dalam Waktu Satu Bulan

  • 14 days ago
  • Isu Nasional

Jelang gelaran sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019 yang akan digelar pekan depan, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menargetkan bahwa seluruh persidangan sengketa hasil Pileg 2019 tuntas dalam 30 hari. Menurut Sekretaris Jenderal MK Guntur Hamzah seluruh sengketa paling lambat selesai disidangkan pada 9 Agustus 2019.

"Insyaallah kalau 30 hari akan selesai, jatuh pada 9 Agustus paling lambat selesai," ungkap Guntur Hamzah yang dilansir dari detik.com.

Lebih lanjut Guntur menyebutkan bahwa waktu 30 hari tersebut sudah tertulis dalam peraturan MK No. 2 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas peraturan MK No. 5 tahun 2018 tentang tahapan. Untuk itu, dia meyakini MK akan menyelesaikan sengketa sesuai dengan timeline yang telah dituangkan dalam peraturan konstitusi MK.

"Yang jelas tanggal 9 Juli 2019, berdasarkan timeline yang dituangkan dalam perarturan konstitusi MK insyaallah akan selesai, doakan saja selesai dengan timeline-nya yang sudah disiapkan," terang Guntur Hamzah.

Sementara itu, Guntur juga menjelaskan bahwa MK telah menetapkan tiga panel yang akan menangani seluruh tahapan persidangan. Dimana setiap panel tersebut diisi oleh tiga orang hakim konstitusi perwakilan MA, DPR dan presiden. Tak hanya itu, tiap panel pun tidak diperobolehkan untuk menangani gugatan dari daerah yang sama dengan daerah asal para hakim. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah adanya kepentingan sosial.

"Tidak seimbang jumlah (sengketa)-nya antarpanel, dalam artian diusahakan seimbang mungkin, kecuali memang sudah tidak bisa dibagi lagi tentu ada yang lebih satu atau kurang satu. Kemudian itu tadi tidak boleh ada hakim yang satu dari daerah tertentu dia mengadili dari daerahnya. Misalnya anggap lah pak ketua dari daerah NTB, tentu dia tidak akan mengadili perkara yang dari NTB," jelas Guntur Hamzah.

 


Sumber : detik.com dengan beberapa penyesuaian

         

Komentar

blog comments powered by Disqus