Berita

Mulai Besok MK Akan Gelar Sidang Pembacaan Putusan Akhir PHPU Pileg 2019

Mulai Besok MK Akan Gelar Sidang Pembacaan Putusan Akhir PHPU Pileg 2019

  • 15 days ago
  • Isu Nasional

Usai pelaksanaan sidang sengketa Perselishan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019, Mahkamah Konstitusi akan segera menggelar sidang pembacaan putusan akhir untuk 202 perkara sengketa hasil Pileg 2019. Menurut Kepala Bagian Humas dan Hubungan Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono sidang pembacaan putusan akhir tersebut akan digelar selama empat hari  dimulai dari Selasa hingga Jumat pekan depan sesuai dengan agenda yang telah dicanangkan sebelumnya.

"Ya, sidang pembacaan putusan akhir untuk 202 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif akan digelar selama empat hari, mulai Selasa (6/8/2019)," ungkap Fajar Laksono.

Sementara itu, Fajar juga mengungkapkan bahwa meskipun agenda putusan sudah dikeluarkan, tak berarti rapat permusyawaratan hakim (RPH) telah selesai. Karena RPH yang membahas putusan untuk perkara PHPU Legislatif masih terus berlangsung hingga hari ini. RPH pun dilakukan bertahap yang diselesaikan sesuai jadwal pengucapan putusan.

"RPH yang membahas putusan untuk perkara PHPU Legislatif masih terus berlangsung hingga Senin mendatang. RPH dilakukan bertahap diselesaikan sesuai jadwal pengucapan putusan," ungkap Fajar.

Seperti diketahui, pada penutupan sidang pembuktian Selasa lalu, Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman mengatakan bahwa seluruh hasil persidangan perkara PHPU Legislatif 2019 dengan agenda mendengarkan keterangan ahli dan saksi yang dibawa ke dalam RPH.

Jika pada saat agenda persidangan untuk perkara sengketa hasil Pemilu 2019 terbagi dalam tiga ruang sidang panel, namun untuk pembacaan putusan dan ketetapan, sidang akan dilakukan secara pleno dan dihadiri oleh sembilan orang hakim konstitusi.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus