Berita

Pemilu Usai, Beberapa Partai Politik Ajukan Sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

Pemilu Usai, Beberapa Partai Politik Ajukan Sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

  • 2 months ago
  • Isu Nasional

Berdasarkan data permohonan gugatan dari Mahkamah Konstitusi, Partai Berkarya tercatat paling banyak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pemilu. Data menunjukkan, terdapat 141 sengketa antar partai (eksternal) dan 65 sengketa internal partai (antarcaleg).

Dalam hal ini, tercatat 16 partai politik nasional yang mengajukan sengketa pileg ke MK. Parpol yang mengajukan sengketa terbanyak adalah Partai Berkarya dengan 76 permohonan, diikuti PDIP 54 permohonan, Demokrat 43 permohonan, dan Golkar 41 permohonan. Sementara, partai yang paling sedikit mengajukan sengketa adalah Partai Garuda sebanyak 1 permohonan, Partai Nangroe Aceh 1 permohonan, dan Partai SIRA 1 permohonan.

Berdasarkan data yang diterima MK hingga tanggal 25 Mei 2019, pukul 15.14, MK telah menerima sebanyak 341 permohonan. Dengan rincian 329 permohonan sengketa pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, 11 permohonan sengketa DPD, dan 1 permohonan sengketa pilpres.
Di samping itu, MK juga menyebut pada hari Minggu tetap membuka layanan administratif bagi para pemohon yang ingin mengajukan gugatan.

"MK masih menerima penggugat yang ingin melengkapi data-data administratif sebelum diputuskan pada tanggal 28 Mei nanti," ungkap petugas konsultasi MK, Hakim di Jakarta, Minggu (26/5) seperti dilansir dalam cnnindonesia.com.

Data-data administratif yang dimaksud, kata Hakim, seperti permohonan gugatan, surat kuasa, dan kelengkapan alat bukti yang belum terpenuhi. Untuk itu, MK melayani pemenuhan data-data administratif tersebut hingga pukul 14.00 WIB.

"Kelengkapan data administratif itu harus melewati tahapan verifikasi, dan nanti akan diputuskan apakah APL (akta permohonan lengkap) atau APBL (akta permohonan belum lengkap) pada tanggal 28 Mei itu," kata Hakim.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus