Berita

Pesan HM. Soeharto Pada Setiap Momen Pergantian Tahun

Pesan HM. Soeharto Pada Setiap Momen Pergantian Tahun

  • 2 months ago
  • Isu Nasional

Saat ini tak terasa kita telah memasuki awal tahun 2019. Apabila kita melihat ke belakang, kita bisa mengingat pesan-pesan HM. Soeharto ketika memasuki tahun baru atau menjelang pergantian tahun. Dalam setiap pergantian tahun, HM. Soeharto menggambarkan bahwa tidak sedikit tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia di tengah perubahan dunia yang menuju kepada suasana yang lebih bebas.

Sebagai contoh dalam hal perdagangan. HM. Soeharto menegaskan jika bangsa  kita tidak bersedia ikut dalam arus besar perkembangan dunia, maka kita akan semakin tertinggal di belakang.

“Suka atau tidak, mau atau tidak mau, siap atau tidak siap, kita akan masuk dalam suasana perdagangan bebas tadi. Jika kita tidak bersedia ikut dalam arus besar perkembangan dunia itu, maka kita akan tertinggal dan makin jauh tertinggal di belakangan,” jelas HM. Soeharto.

Untuk itu, bangsa Indonesia harus mulai bersiap diri untuk menghimpun seluruh kekuatan ekonomi bangsa, baik yang sudah besar, menengah maupun kecil. Sebab kita harus tersua meningkatkan efisiensi ekonomi nasional dan terus meningkatkan daya saing barang dan jasa dengan bangsa lain.

“Kita harus meningkatkan efisiensi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing barang dan jasa,” ungkap HM. Soeharto.

Sumber : berbagai sumber (dengan beberapa penyesuaian)

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus