Berita

Saung Berkarya, Wahana Edukasi Pertanian, Peternakan dan Energi Alternatif

Saung Berkarya, Wahana Edukasi Pertanian, Peternakan dan Energi Alternatif

  • 7 days ago
  • Kesejahteraan Rakyat

Saung Berkarya merupakan wahana edukasi pertanian dan peternakan yang dibuat oleh Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra. Berbagai jenis tanaman dan tumbuh - tumbuhan serta hewan ternak dibudidayakan dan dikembangkan di area yang berada di bukit Hambalang, Sentul, Jawa Barat.

Kemarin, Minggu (10/2), ketiga  putri dari HM. Soeharto mengunjungi Saung Berkarya. Siti Hardiyanti Rukmana, Siti Hediati Hariyadi dan Siti Hutami Endang Adininingsih didampingi oleh Camelia Malik dan Sri Wahyuni sebagai penanggung jawab pengelolaan dan rombongan lainnya meninjau dari dekat kemajuan dari Saung Berkarya tersebut.

“Saung Berkarya ini ada tanaman jagung, kangkung, kacang, selada, cabai, tomat dan budidaya ikan serta peternakan.  Saya berharap Saung Berkarya jadi percontohan untuk seluruh Indonesia. Mudah-mudahan berhasil ya,” ujar  Tutut Soeharto seperti dikutip dari CendanaNews.

Putri sulung Presiden Kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto ini menjelaskan, pengembangan dari Saung Berkarya tidak terbuang sia-sia. Dari kotoran peternakan  bisa dijadikan biogas. Biogas dari kotoran hewan tersebut juga bisa digunakan untuk penerangan dan memasak.

“Urine sapi diproses jadi pestisida alami,  kotoran sapinya jadi biogas, dan ampasnya jadi pupuk. Semuanya tidak ada yang terbuang, luar biasa,” tandasnya.

Sri Wahyuni sebagai Pengelola Saung Berkarya memaparkan, Saung Berkarya  dibangun bertujuan untuk memberikan edukasi kepada calon legislatif (caleg) DPR RI maupun DPD dari Partai Berkarya dan juga masyarakat umum, yang ingin belajar tentang pertanian dan peternakan yang efisien, tapi menguntungkan.

“Saung Berkarya ini, sekaligus juga inspirasi untuk masyarakat dalam pengembangan pertanian dan peternakan,” kata Sri. Di area Saung Berkarya seluas 3 hektare ini, jelas dia, dikembangkan lahan pertanian dan peternakan. Hampir semua jenis sayuran ditanam di area ini. Diantaranya, jagung, selada, oyong, terong, kangkung, cabai dan lainnya.

Sedangkan pengembangan peternakan yaitu sapi, domba, ayam petelur dan ayam potong, serta budidaya ikan lele, emas, dan patin. Selain pengembangan lahan  pertanian dan peternakan, Saung Berkarya juga melakukan proses pembuatan biogas dari kotoran sapi. Biogas kotoran sapi ini menurutnya, dapat digunakan sebagai bahan energi untuk penerangan dan juga memasak.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus