Berita

Setelah Putusan Sidang PHPU di MK, KPU Baru Tetapkan Hasil Perolehan Kursi Pileg 2019

Setelah Putusan Sidang PHPU di MK, KPU Baru Tetapkan Hasil Perolehan Kursi Pileg 2019

  • 14 days ago
  • Isu Nasional

Meskipun perhitungan suara sudah selesai, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan hasil perolehan kursi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Hal itu dikarenakan KPU baru akan menetapkan hasil perolehan kursi Pileg 2019 setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Menurut Ketua KPU, Arief Budiman yang dilansir dalam liputan6.com, walau KPU sudah mengumumkan perolehan suara partai politik pada Pemilu 2019. Namun, karena ada sengketa hasil Pileg di MK, maka hasil perolehan kursi legislatif belum bisa ditetapkan. "Semua hasil DPR RI sudah pasti tidak bisa ditetapkan," ungkap Ketua KPU Arief Budiman.

Lebih lanjut, Arief mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu putusan MK sebelum menetapkan perolehan kursi DPR. Sebab, hasil perolehan suara Pileg DPR dapat memengaruhi perolehan suara partai politik. Hal tersebut belum dapat ditetapkan karena hasil penetapan bisa berpengaruh terhadap threshold 4 persen," terang Arief.

Selain, komisioner KPU Hasim Asy'ari juga meminta KPUD dapat menahan proses penetapan kursi caleg DPRD maupun DPD terpilih. Pihaknya meminta agar menunggu arah dari pihak KPU Pusat sebelum melangkah ke tahapan pemilu berikutnya," ungkap Hasyim.

 

 

Sumber : liputan6.com dengan beberapa penyesuaian

         

Komentar

blog comments powered by Disqus