Berita

Sidang PHPU Pileg 2019 di MK, Hari Ini KPU Hadapi 53 Gugatan

Sidang PHPU Pileg 2019 di MK, Hari Ini KPU Hadapi 53 Gugatan

  • 4 months ago
  • Isu Nasional

Masih dalam gelaran sidang perselisihan hasil pemilu (PHPU) PIleg 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang sudah memasuki hari kedelapan. Pihak MK hari ini, Kamis 17 Juli 2019 kembali menggelar sidang PHPU PIleg 2019 dengan agenda mendengarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum sebagai pihak termohon.

Menurut Hasyim Asyari selaku Komisioner KPU mengungkapkan bahwa hari ini KPU akan menghadapi 53 gugatan PHPU Pileg. Gugatan tersebut terdiri dari 46 gugatan partai, 4 gugatan DPD dan 3 gugatan perorangan partai yang berasal dari sejumlah tingkatan pemilihan.

" Hari ini KPU menghadapi sidang PHPU Pileg. Terdiri dari 46 gugatan partai, 4 gugatan DPD dan 3 gugatan perorangan partai. Sehingga total menghadapi 53 perkara dalam sidang pemeriksaan pembacaan jawaban hari ketiga," ungkap Hasyim Asyari seperti dilansir dalam medcom.id.

Dari keseluruhan total 53 gugatan tersebut tersebar di sembilan provinsi, yakni Sumatera Utara, Papua,  Gorontalo, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Bali Sumatra Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tenggara.

"Agenda sidang masih pembacaan jawaban termohon, keterangan pihak terkait dan keterangan Bawaslu," terang Hasyim Asyari.

Seperti pada sidang-sidang gugatan PHPU Pileg 2019 hari sebelumnya, sidang hari ini juga masih terbagi dalam tiga panel. Untuk masinhg-masing panel diiisi tiga hakim konstitusi. Pada Panel I dipimpin oleh Ketua MK Anwar Uswan dengan didampingi Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat. Panel I akan menyidangkan 24 perkara, terdir dari 15 perkara di Sumatera Utara dan 9 perkara di Papua Barat.

Untuk Panel II ditangani oleh hakim MK Aswanto, Saldi Isra dan Manahan SItompul. Panel II akan menyidangkan 14 perkara dengan rincian 3 perkara dari Provinsi Gorontalo, 5 perkara dari Provinsi Kepulauan Riau, dan 4 perkara Provinsi Kalimantan Tengah, serta 2 perkara Provinsi Bali. Sedangkan pada Panel III ditangani hakim MK Suhartoyo, I Dewa Gede Palguna, dan Wahiduddin Adams. Mereka dijadwalkan menangani 15 perkara terdiri dari 4 perkara Provinsi Sumatra Barat, 2 perkara dari Provinsi Kalimantan Selatan, dan 9 perkara dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam perkara PHPU Pileg, KPU RI dan KPU Daerah menjadi pihak termohon. Sementara yang menjadi pihak terkait yaitu partai politik dan caleg yang suara atau kursinya berpengaruh dari gugatan pemohon. Sedangkan pihak Bawaslu bertugas memberikan keterangan terkait temuan selama masa kampanye hingga pemilu berlangsung yang masuk sebagai laporan ke Bawaslu.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus