Berita

Sidang Sengketa PHPU Pileg 2019 Dimulai Hari Ini

Sidang Sengketa PHPU Pileg 2019 Dimulai Hari Ini

  • 10 days ago
  • Isu Nasional

Tepat hari ini Selasa, 9 Juli 2019 Mahkamah Konstitusi akan memulai rangkaian sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif 2019. Seperti diketahui, MK akan menangani 260 gugatan yang telah teregistrasi dari 340 gugatan yang dimohonkan oleh pemohon. Jumlah tersebut terdiri dari 250 sengketa DPR/DPRD dan 10 sengketa DPD.

"MK menggelar sidang perdana PHPU Legislatif 2019 sebanyak 260 perkara pada Selasa (9/7) hingga Jumat (19/7)," ungkap Fajar Laksono, Kepala Bagian Humas dan Hubungan Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono.

Sidang pertama hari ini dikenal dengan sidang pendahuluan. Agenda dalam sidang hari ini ialah mendengarkan penyampaian kelengkapan pokok-pokok permohonan pemohon di hadapan majelis hakim, termohon, pihak terkait, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Karena nantinya, majelis hakim MK akan menilai apakah permohonan tersebut memenuhi persyaratan untuk dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.

"Dalam sidang pendahuluan kan baru kita tahu perkara mana yang secara ketentuan formil itu memenuhi, mana perkara yang tidak memenuhi ketentuan formil. Nanti ada jawaban dari termohon ada keterangan pihak terkait," ujar Fajar seperti dilansir dalam medcom.id.

Lebih lanjut, Fajar menjelaskan bahwa sembilan hakim MK akan dibagi menjadi tiga panel untuk menangani PHPU Legislatif. Ketiga panel tersebut akan menyidangkan berdasarkan sengketa yang terjadi di masing-masing provinsi. Untuk menghindari adanya sesuatu yang tidak diinginkan, para hakim dipastikan tidak akan menangani perkara dari daerah asal para pengadil.

Panel pertama dipimpin Ketua MK Anwar Usman dengan anggota hakim konstitusi Enny Ubaningsih dan Arief Hidayat. Panel kedua dipimpin oleh hakim konstitusi Aswanto bersama Saldi Isra dan Manahan Sitompul. Kemudian untuk panel ketiga, akan dipimpin oleh hakim konstitusi I Gede Dewa Palguna bersama Suhartoyo dan Wahiduddin Adams.

"Tiga panel ini akan bersidang secara simultan (bersamaan) sendiri-sendiri di tiga ruangan berbeda," tutur Fajar.

Kemudian satu planel akan memeriksa perkara di ruang sidang pleno di lantai dua Gedung MK. Sementara dua panel lainnya akan bersidang di lantai empat. Sidang hari ini dijadwakan pada pukul 08.00 WIB, 10.30 WIB, 13.30 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB.  Pada persidangan perdana, sebanyak 64 perkara yang telah teregistrasi akan disidangkan.  

 

Sumber : medcom.id dengan beberapa penyesuaian

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus