Berita

Sidang Sengketa PHPU Usai, MK Gelar Rapat Permusyawaratan Hakim Hari Ini

Sidang Sengketa PHPU Usai, MK Gelar Rapat Permusyawaratan Hakim Hari Ini

  • 1 month ago
  • Pernyataan Politik

Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang telah digelar selama seminggu kemarin telah selesai diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi. Setelah proses sidang selesai, Mahkamah Agung segera menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH). Hal tersebut diungkapkan oleh Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang mulai menggelar RPH tepat di hari ini, Senin (24/6). Rapat tersebut dilakukan untuk mengambil keputusan atas sengketa dalam Pemilu 2019.

Menurut rencana, RPH akan dilaksanakan selama empat hari sejak hari ini hingga Kamis 27 Juni 2019. Seperti yang diungkapkan oleh Juru Bicara MK, Fajar Laksono, RPH tersebut akan membahas dan mengambil berdasarkan fakta dalam persidangan, alat bukti, dan keyakinan hakim. Setelah RPH, sidang pembacaan putusan sengketa dalam Pemilu 2019 akan dilakukan pada Jumat 28 Juni 2019.

"RPH diagendakan Senin-Kamis besok. RPH membahas dan mengambil keputusan berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan, alat bukti, dan keyakinan hakim," ungkap Jubir MK Fajar Laksono.

Melansir dari liputan6.com, Ketua MK Anwar Usman pun mengatakan bahwa pihaknya akan langsung menggelar RPH begitu sidang dengan agenda mendengarkan saksi dan ahli dari pihak-pihak yang bersengketa selesai. Hal tersebut disampaikan Anwar saat menutup sidang pada Jumat malam (21/6) lalu.

Lebih lanjut, Anwar Usman juga memastikan bahwa putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 akan sesuai jadwal yakni paling lambat 28 Juni 2019. "Insyaallah, tunggu saja, 28 Juni (putusan) paling lambat," ujar Anwar.

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus