Berita

Sudah Siap Dengan Hasil Putusan, MK Majukan Pembacaan Hasil Putusan PHPU 2019

Sudah Siap Dengan Hasil Putusan, MK Majukan Pembacaan Hasil Putusan PHPU 2019

  • 11 months ago
  • Isu Nasional

Sidang sengketa PHPU Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi yang telah melalui masa sidang selama seminggu beserta rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang pada awalnya akan diumumkan oleh MK pada hari Jumat 28 Juni 2019 akan dimajukan menjadi hari Kamis 27 Juni 2019. Penentuan waktu tersebut disepakati oleh sembilan hakim konstitusi dalam forum rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang berlangsung sejak kemarin (24/6).

Melansir dari liputan6.com, Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso mengatakan bahwa tidak ada alasan khusus mengapa jadwal pembacaan putusan ini dipercepat. Hal tersebut didukung juga dengan kesiapan Majelis Hakim Konstitusi dengan keputusan dan untuk bersidang dengan agenda pengucapan putusan.

"Intinya, karena Majelis Hakim Konstitusi sudah siap dengan putusan dan untuk bersidang dengan agenda pengucapan putusan," ungkap Fajar.

Selain itu, Fajar menuturkan hingga saat ini proses RPH untuk memutus sengketa belum usai. Sebab RPH masih berjalan hingga Rabu 26 Juni 2019 termasuk dengan finalisasi draf putusan. "RPH masih berjalan sampai Rabu (26/6), termasuk finalisasi draf putusan," ujar Fajar.

Sebagaimana diketahui, RPH tersebut dilakukan untuk pengambilan keputusan terhadap masalah-masalah yang krusial. Sementara itu, di luar RPH, hakim bisa melakukan pendalaman sendiri. Dalam forum RPH, semua hal yang berkaitan dengan perkara dibahas hingga pada kesimpulan dan putusan. Apa saja hal-hal yang disepakati oleh sembilan hakim menjadi bagian dari putusan. "Karena, bukan tidak mungkin sembilan hakim konstitusi itu punya pandangan-pandangan yang tidak serupa," tambah Fajar.

Sementara itu, laman resmi MK juga telah mengumumkan jadwal sidang pembaca putusan sengketa hasil Pemilu 2019 akan digelar pada Kamis 27 Juni pukul 12.30 WIB. "Ya berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," kata Fajar.

Lebih lanjut mengenai informasi pembacaan hasil sidang keputusan sengketa PHPU Pemilu 2019, MK mulai hari ini akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pihak untuk menghadiri sidang putusan pada tanggal 27 Juni 2019 mendatang.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus