Berita

Terkait  Gugatan Pemilu 2019 di MK, Sidang Baru Akan Diselenggarakan Selepas Lebaran

Terkait Gugatan Pemilu 2019 di MK, Sidang Baru Akan Diselenggarakan Selepas Lebaran

  • 19 days ago
  • Isu Nasional

Mengenai hasil perolehan suara penyelenggaran Pemilihan Umum (Pemilu 2019) pada 17 April 2019 kemarin membuat beberapa partai politik yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Dalam hal ini, pihak Mahkamah Konstitusi pun menerima setidaknya 334 gugatan Pemilu 2019.

Dari jumlah gugatan tersebut, untuk penanganan perkara gugatan Pilpres akan dijadwalkan selesai maksimal 2 Juli 2019. Sementara itu, untuk penanganan perkara Pileg maksimal kelar pada 14 Agustus 2019. Seperti dilansir dalam kabar24.bisnis.com pada tahap penanganan perkara Pilpres, MK memberi waktu peserta untuk mengajukan permohonan hingga 24 Mei untuk dicatatkan permohonan pemohon tersebut dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Lalu, di tanggal yang sama. lembaga ini juga akan menyampaikan salinan permohonan dan pemberitahuan sidang pertama kepada pemohon, termohon, pihak terkait, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kemudian, pemeriksaan pendahuluan serta penyerahan perbaikan jawaban dan keterangan akan berlangsung pada 14 Juni.
Menurut rencana, sidang pemeriksaan akan berlangsung pada tanggal 17-24 Juni 2019 yang akan berlangsung setiap hari. "Ya, benar (sidang pemeriksaan berlangsung setiap hari di tanggal yang ditentukan)," ungkap Fajar Laksono, Juru Bicara MK.

Selanjutnya, hakim MK akan menggelar rapat permusyawaratan pada 25-27 Juni, dan untuk keputusannya akan diumumkan pada 28 Juni dan salinan putusan serta pemuatan hasil sidang di laman resmi akan dilakikan hingga 2 Juli. Karena untuk perkara Pileg 2019, MK akan memeriksa kelengkapan permohonan pada 21-27 Mei 2019. Setelah itu, pemohon diberi waktu memperbaiki kelengkapan permohonan jika ada yang kurang pada 28-31 Mei.
Pencatatan permohonan dan BRPK akan dilakukan pada 1 Juli. Sehari setelahnya, MK menyampaikan salinan permohonan dan pemberitahuan sidang pertama kepada pemohon, termohon, pihak terkait, dan Bawaslu.

Setelah itu, pemeriksaan pendahuluan perkara Pileg akan berlangsung pada 9-12 Juli dan penyerahan perbaikan jawaban dan keterangan diperbolehkan pada 11-26 Juli. Pada waktu bersamaan itu pula, tepatnya 15-30 Juli, sidang pemeriksaan gugatan sengketa Pileg akan berlangsung di MK. Setelah itu, hakim menggelar rapat permusyawaratan pada 31 Juli-5 Agustus dan membacakan keputusan pada 6-9 Agustus.

Sebagai tahapan terakhir, penyerahan salinan putusan akan dilakukan pada 6-14 Agustus 2019.

 

 

Sumber : kabar24.bisnis.com dengan beberapa penyesuaian

 

         

Komentar

blog comments powered by Disqus