Berita

Titiek Soeharto : Saya Akan Perjuangkan Keinginan dan Harapan Kaum Difabel

Titiek Soeharto : Saya Akan Perjuangkan Keinginan dan Harapan Kaum Difabel

  • 2 months ago
  • Kesejahteraan Rakyat

Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya mengunjungi Yogyakarta beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya kali ini, Titiek tak hanya melakukan safari politik, tapi juga menyambangi para kaum difabel. Mewakili kaum difabel, Slamet Murjoko (Ketua Komunitas Kaum Difabel Yogyakarta) menyampaikan tentang masih didapatkannya perlakuan diskriminatif terhadap kaum difabel dari pemerintah hingga saat ini.

Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya fasilitas sarana-prasarana umum yang belum ramah difabel, layanan pendidikan maupun kesehatan yang belum banyak menyentuh kaum difabel. Hingga masih minimnya lapangan pekerjaan bagi kaum difabel. Di hadapan Titiek Soeharto, Slamet berharap agar Titiek Soeharto mampu memperbaiki kondisi tersebut. Sehingga kaum difabel bisa hidup lebih baik dan lebih sejahtera.

“Kita ingin kaum difabel lebih diperhatikan secara serius. Misalnya dengan menyusun program UMKM untuk kaum difabel. Di situ kaum difabel dilatih agar mampu mandiri. Lalu diberi modal lewat koperasi dengan sistem infak bukan bunga. Sehingga diharapkan kehidupan kaum difabel bisa lebih baik dan kesejahteraannya meningkat,” ungkap Slamet.

Melihat keluhan yang disampaikan oleh para kamu difabel tersebut, Titiek Soeharto bersama Partai Berkarya mengaku akan berusaha memperjuangkan keinginan maupun harapan kaum difabel di DIY tersebut agar bisa terwujud. Selain itu, Titiek Soeharto juga menilai sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang, bahwa setiap warga negara semestinya memiliki hak yang sama untuk dapat mengakses setiap layanan publik, mengakses pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Karena itu, ia menyebut, tidak boleh ada diskriminasi terhadap golongan tertentu seperti kaum difabel.

“Kita punya hak yang sama sebagai warga negara. Jadi, tidak boleh ada diskriminasi. Insyaallah akan saya perjuangkan keinginan dan harapan teman-teman kaum difabel, yang masih sering dilupakan pemerintah. Apalagi Pak Harto punya sejumlah yayasan yang rutin memberikan santunan dan menggelar pelatihan usaha gratis untuk kaum difabel. Nanti teman-teman bisa dilatih di situ agar bisa mandiri. Bisa soal perbengkelan, servis HP, sablon, dan sebagainya. Jangan sampai keterbatasan fisik menghalangi kita untuk berkarya,” katanya.

Terakhir, para kaum difabel mendeklarasikan dirinya untuk mendukung Titiek Soeharto dan Partai Berkarya. Karena mereka meyakini bahwaTitiek Soeharto dan Partai Berkarya mampu memperbaiki berbagai persoalan yang dialami kaum difabel.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus