Berita

Titiek Soeharto: Batik, Media Mengenalkan Kearifan Lokal

Titiek Soeharto: Batik, Media Mengenalkan Kearifan Lokal

  • 7 months ago
  • Pernyataan Politik

Siti Hediyati Hariyadi atau akrab disapa Titiek Soeharto yang merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya mendukung pengembangan motif batik asli Banten yang dinilainya bisa dijadikan media mengenalkan kearifan lokal yang menjadi ikon daerah itu sendiri. Seperti diketahui, Titiek Soeharto juga merupakan salah satu putri mantan presiden RI ke-2 HM. Soeharto yang sangat mencintai batik. Hal ini terbukti dalam setiap kesempatan acara yang didatanginya, ia senang memadukan unsur batik sebagai gaya berbusananya.

“Ini sangat bagus, untuk bisa memberdayakan masyarakat mengurangi pengangguran. Juga untuk mengenalkan ragam kearifan lokal yang dimiliki, utamanya untuk mengenalkan berbagai ikon Kota Cilegon dan Banten, melalui padu padan motif corak batik yang diproduksi,” ungkap Titiek saat mengunjungi sentra kerajinan batik Krakatoa di Kampung Kadipaten, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Banten, Rabu 14 November 2018.

Sementara Titiek  berkunjung ke Kota Cilegon, Banten, bersamaan dengan kegiatan temu relawan pendukung Partai Berkarya yang telah menunggu, dalam rangka untuk merapatkan barisan memenangkan Partai Berkarya. Dalam kunjungannya itu, Titiek melihat langsung proses membatik oleh para pembatik baik dengan canting maupun cap. Ia pun bahkan menyempatkan untuk mencoba membatik dengan menggunakan alat canting.

“Kalau perlu ditambah lagi kreasi corak-coraknya supaya lebih menarik” katanya.

Sementara itu, Heldy Agustian pemilik sentra usaha batik Krakatoa Cilegon mengungkapkan bahwa pusat kerajinan batik di Kota Cilegon ini didirikan sejak empat tahun lalu, tak hanya dalam rangka menggali potensi dari warisan budaya yang ada tetapi juga untuk menumbuhkan ekonomi kreatif warga sekitar.

Titiek pun berpendapat, pendirian sentra batik itu merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah menyediakan lapangan kerja mengurangi angka pengangguran.

“Sanggar kerajinan batik Krakatoa ini kami sengaja didirikan sejak empat tahun lalu dengan melibatkan masyarakat, untuk mengangkat kearifan lokal,” tutur Titiek.

Selain itu, motif batik yang diproduksi di sana memiliki corak yang bermacam-macam. Namun, banyak corak batik yang merupakan ikon daerah, seperti makanan atau kuliner khas Kota Cilegon seperti gipang, sate, ayam bekakak, gunung anak krakatau, dan lain sebagainya.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus