Berita

Usai Sidang Gugatan PHPU Pileg 2019, Hari ini Hakim Konstitusi Gelar RPH

Usai Sidang Gugatan PHPU Pileg 2019, Hari ini Hakim Konstitusi Gelar RPH

  • 1 month ago
  • Isu Nasional

Usai gelaran sidang pendahuluan gugatan PHPU Pileg 2019 yang telah berlangsung beberapa hari yang lalu, hari ini Jumat, 19 Juli 2019 Majelis Hakim Konstitusi menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH).

Berdasarkan jadwal, RPH tersebut digelar setelah majelis hakim konstitusi memeriksa sebanyak 260 perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk pemilihan legislatuf (Pileg) 2019.

"Hari ini RPH", ungkap Fajar Laksono, Kepala Bagian Humas dan Hubungan Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa konstitusi sudah menyidangkan sebanyak 260 perkara PHPU untuk Pileg. Pare pemohon perkara dari calon anggota legislatif (Caleg), partai politik dan calon perseorangan juga sudah membacakan permohonan di persidangan pada 9-12 Juli 2019. Sedangkan, untuk pihak termohon, pihak terkait dan Bawaslu juga sudah memberikan jawaban pada 15-18 Juli 2019.

Sementara itu, Fajaw Laksono menyebutkan bahwa sesuai rencana, sidang pembacaan putusan akan dilangsungkan pada Senin, 22 Juli 2019 sebagaimana yang telah disebutkan dalam jadwal sidang.

"Iya, Senin agenda sidang pengucapan putusan/ketetapan untuk perkara-perkara sebagaimana disebut dalam jadwal sidang," kata Fajar Laksono.

         

Komentar

blog comments powered by Disqus