.

Kepartaian

PARTAI BERKARYA

PARTAI BERKARYA adalah sebuah partai politik yang merupakan fusi dari 2 (dua) buah partai politik Partai Beringin Karya (BK) & Partai Nasional Republik (NASREP). Didirikan pada tanggal 15 Juli 2016, dan mendapatkan legitimasi hukum dan sah sebagai partai politik di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2016 dengan dikeluarkannya SK Menkumham No. M.HH-21.AH.11.01 Tahun 2016.

Pada tanggal 9 Februari 2018, setelah melalui rangkaian panjang Verifikasi Partai Politik sejak 2017, PARTAI BERKARYA ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia sebagai satu dari 4 (empat) partai baru, atau satu dari 16 (enam belas) partai politik yang berhak mengikuti PEMILU LEGISLATIF 2019. PARTAI BERKARYA siap mewarnai kancah perpolitikan negeri ini, bersama-sama membangun Indonesia menjadi Indonesia Raya.

Sebagai partai muda, PARTAI BERKARYA memiliki fokus kegiatan pengabdian dan perjuangan politik dalam beberapa topik yang menjadi isu nasional terkini. Ruang lingkup aktivitas PARTAI BERKARYA adalah nasional, 34 provinsi, 514 Kabupaten & Kotamadya, dan ribuan Kecamatan, puluhan ribu kelurahan/desa se-Indonesia hingga pembinaan ke tingkat Anak Ranting (RT/RW).

VISI PARTAI BERKARYA
Terwujudnya kehidupan bangsa Indonesia yang bertaqwa, aman, sejahtera, adil, dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI PARTAI BERKARYA

  1. Menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.
  2. Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui penyelenggaraan negara yang demokratis, transparan dan akuntabel yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Memerangi dan membasmi korupsi serta menegakkan supremasi hukum untuk mewujudkan keadilan dan kepastian atas hak dan kewajiban asasi manusia bagi seluruh rakyat Indonesia.
  4. Membangun karakter bangsa dan sistem demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan kepribadian bangsa dalam upaya membangun kehidupan masyarakat yang bertaqwa, aman, sejahtera, dan bermartabat.
  5. Mencerdaskan kehidupan bangsa, serta berperan dalam membangun perdamaian dunia dengan politik luar negeri yang bebas aktif.
  6. Melahirkan pemimpin yang jujur, tegas, berkemampuan, anti korupsi, memiliki jiwa kepemimpinan, pengemban, pengayom, dan pelayan bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara.
  7. Melakukan rekonsiliasi nasional yang utuh dalam rangka menyatukan kembali tekat bersama untuk menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik dan unggul sesuai cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
  8. Membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, dan terampil.
  9. Membangun sistem perekonomian nasional yang berorientasi pada penguatan ekonomi kerakyatan, membuka kesempatan berusaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi peningkatan pendapatan dan ksejahteraan rakyat dengan memanfaatkan dan mengembangkan Sumber Daya Alam secara tepat guna dan berdaya guna serta berkeadilan, berwawasan lingkungan dan kemaritiman.
  10. Mengembangkan otonomi daerah untuk lebih memacu percepatan pembangunan di seluruh tanah air guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

RINGKASAN DPP PARTAI BERKARYA PERIODE 2017-2022

Ketua Umum : H. Hutomo Mandala Putra, S.H
Wakil-Wakil Ketua Umum :

  1. Drs. H. Thaib Armaiyn, M.Si
  2. KPAA Suro Agul-Agul H. Begug Poernomosidi, SH, MM, Ph.D
  3. Mayjend TNI (Purn) Muchdi Purwoprandjono
  4. K.H. M. Hasib Wahab Hasbullah
  5. Letjend TNI (Purn) Yayat Sudrajat
Sekretaris Jenderal : Drs. H. Priyo Budi Santoso, M.AP
Wakil-Wakil Sekretaris Jenderal :
  1. Dr. Renaldi Freyar Hawadi, SH, MH
  2. Indirayani Kostiningtyas, SE
  3. Rita Irawati Priatna
  4. Nurchalis, SP, M.Si
  5. Sumarni Kamaruddin, SH, MH
  6. Panduwinata F. N. Arifin, S.Si, MT
Bendahara Umum : Hj. Neneng A. Tuty, SH
Wakil-Wakil Bendahara Umum :
  1. Wartini
  2. Faiz Ramzy Rachbini
  3. Dra. Ec. Hj. Ourida SeskaniaM
  4. Poerwanto, SE, MPAC
  5. Hj. Elisa Pusparani, MBA
  6. Iyet Rachmawati
Ketua-Ketua :
  1. Dr. H. Badaruddin Andi Picunang, ST, MM, M.AP, MT
  2. Brigjend Pol (Purn) Drs. Edward Raymond Pakasi
  3. Marsda TNI (Purn) Haryantoyo
  4. Dr. Hj. Maria Zuraida
  5. Irjenpol (Purn) Drs. H. Wisnu Amat Sastro, SH
  6. Hj. Tintin Hendrayani, SH, S.Sos, MH
  7. Hj. Sarimaya, SE
  8. H. Arsyad Kasmar, SH
  9. Sonny Pudjisasono, SH
  10. H. Achmad Goesra, SH, M.Si
  11. Mathilda Ingkiriwang
  12. Guntar Henry Gamal Bachroemsjah, SH
  13. Hari Saputra Yusuf, SH
  14. Dr. Hj. Hariatia, ME, M.Si
  15. Drs. H. Basri Cako
  16. Dr. H. Indra Muchlis Adnan, SH, MH, MM
  17. Syaefunnur Maszah
  18. Nina Krisnawati, SE, MM
  19. Tb. Dedi Lesmana, S.IP
  20. Maria Lilyana Meko
  21. Vasco Ruseimy, ST
  22. Abdul Khalek Lubis
  23. K.H. Bahana Ja'alhaq Taqwallah
  24. Linna Susanto, MBA
  25. Retno Sari Widowati

Partai politik merupakan bagian penting dalam sistem demokrasi dan ketatanegaraan Indonesia, memiliki fungsi strategis dalam melakukan rekruitmen kader untuk pengisian jabatan politik sebagai pemikir dan pelaksana pembangunan bangsa harus selalu menjaga dan menjunjung tinggi etika dan moral bangsa, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. PARTAI BERKARYA dalam perjuangan luhurnya secara konstitutional memiliki Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga Partai Berkarya dapat dibaca dan didownload di sini.